Kamis, 21 Juni 2007

Proposal Renovasi

I. PENDAHULUAN

Keberadaan Masjid atau minimal mushola pada sebuah kantor mutlak diperlukan. Apalagi jika melihat fenomena yang terjadi di sekeliling tempat kerja kita saat ini, bahwa hampir tiap sudut ruangan biasa dimanfaatkan untuk sholat baik itu berjamaah dengan jumlah yang sangat terbatas maupun dilakukan sendiri-sendiri tanpa terorganisir.

Karena melihat fenomena itulah akhirnya muncul pemikiran dan ide untuk menyatukan aktifitas sholat berjamaah di lingkungan kantor PT. Telkom Kandatel Semarang Jl. Arief Rahman Hakim No. 1 Semarang (Johar) dalam sebuah mushola. Masalahnya adalah kondisi mushola yang ada di Kantor Telkom Johar saat ini dirasa belum representatif sehingga perlu dilakukan renovasi. Sedikitnya ada dua hal yang mendasari rencana renovasi Mushola Telkom Johar tersebut. Yang pertama adalah posisi muka yang tidak menghadap ke jalan serta kondisinya yang sudah tidak bersih terawat.

II. DASAR RELIGIUS.

Rasulullah SAW mengingatkan kita bahwa sebaik-baik shalat ialah shalat yang dikerjakan dirumah kecuali shalat fardu. Shalat fardhu lebih utama dikerjakan di Masjid secara berjamaah. Hal ini menunjukkan bahwa pentingnya Masjid sebagai sarana ibadah. Orang-orang yang terikat hatinya dengan Masjid termasuk golongan yang akan mendapatkan perlindungan Allah dihari kiamat, demikian dijelaskan Nabi Muhammad SAW dalam salah satu sabdanya.

Pengadaan Masjid atau Mushola termasuk salah satu investasi amal yang akan mengalirkan pahala terus menerus bagi orang-orang yang membangunnya. Karena hal ini termasuk salah satu dari tiga amal yang dinyatakan oleh Rasulullah SAW: “Apabila anak Adam (manusia) meninggal dunia, maka putuslah segala amal perbuatannya kecuali tiga perkara, yaitu: sedekah jariah (termasuk membangun Mushola), ilmu yang bermanfaat dan anak yang shaleh yang mendoakan kedua orang tuanya” (HR. Muslim).

Bagi mereka yang membangun Masjid/ Mushola atau menyediakan dana untuk pembangunan/pengadaan Masjid/ Mushola termasuk dalam kategori Firman Allah: “Perumpamaan (dana yang dikeluarkan) oleh orang-orang yang menghasilkan seratus biji. Allah melipatgandakan pahala siapa saja yang dikehendaki Nya, dan Allah maha luas pemberian Nya lagi maha mengetahui” (Al Baqarah:261).

III. LATAR BELAKANG DAN PENDEKATAN MASALAH.

Kantor Telkom Kandatel Semarang memiliki lebih dari satu lokasi, salah satunya berada di Jalan Arief Rahman Hakim No. 1 Semarang atau berada di kawasan Johar sehingga sering disebut Kantor Telkom Johar. Di kantor ini tidak hanya terdapat unit kerja dari Kandatel Semarang akan tetapi juga terdapat unit-unit kerja dari Divisi Pendukung PT. Telkom wilayah Semarang yaitu Divisi Infrastruktur, Divisi Unit Sistem Informasi, Divisi ...........

Dikarenakan kurang representatifnya mushola yang ada sekarang, dalam melaksanakan ibadah terutama sholat berjamaah dilakukan di dalam aula. Akan tetapi apabila aula sedang dipakai untuk kegiatan lainnya maka sholat berjamaah sebagaimana biasanya tidak bisa dilaksanakan.

Hal-hal yang menjadi latar belakang dilakukannya renovasi mushola agar menjadi lebih reprentatif adalah :

· Posisi Mushola yang menyatu dengan ruangan/ gedung lain (lihat lampiran gambar 1) sehingga tidak tampak dari luar sebagai sebuah Mushola.

· Posisi pintu masuk (muka) Mushola yang menghadap ke lorong (lihat lampiran gambar 2).

· Bangunan yang terlihat tertutup rapat. Akan lebih representatif jika dibuat lebih terbuka dan transparan. (lihat lampiran gambar 3).

· Kondisi ruangan mushola serta tempat wudlu yang terlihat kotor (lihat lampiran gambar 4)

IV. SASARAN DAN TUJUAN

Sasaran renovasi Mushola Telkom Johar adalah :

· Merubah tampilan mushola menjadi ”mudah dilihat wujudnya” dengan cara merubah arah pintu utama sekaligus menampakkan ”wajah” sebuah mushola.

· Membuat ruangan mushola menjadi terbuka dan transparan dengan memperbanyak dinding-dinding dari kaca.

· Merombak posisi serta memperbaharui tempat wudlu agar lebih ke posisi belakang dan tertata sesuai kaidah yang sesuai.

Sedangkan tujuan dilakukannya renovasi Mushola Telkom Johar adalah agar tersedia sebuah mushola yang lebih representatif sebagai tempat sholat berjamaah serta aktifitas keagamaan lainnya di lingkungan Telkom Johar.

Tidak ada komentar: